KIAT DAN SARAN Dewasa

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Seputar Implan Rumah Siput?

Sepanjang perjalanan Anda mendengar, mungkin ada teman, keluarga, kolega dan orang lain yang Anda temui, merasa penasaran dengan teknologi implan rumah siput, yang tersemat di kepala Anda. Pada umumnya, orang-orang selalu tertarik pada teknologi yang tidak umum mereka lihat, sehingga terbesit penasaran mereka untuk bertanya tentang hal tersebut.

Anda bisa menjadikan hal ini kesempatan untuk mengenalkan implan rumah siput, pada orang-orang di sekitar Anda. Anda bisa membicarakan tentang bagaimana kerja alat tersebut, dan bagaimana alat ini berhasil mengubah dan meningkatkan kualitas hidup Anda, setelah Anda menggunakanya.

Jika Anda bingung menjawab pertanyaan-pertanyaan orang di sekitar Anda, dalam artikel ini kan akan memebri tips, bagaimana menjawab pertanyaan orang lain, terkait teknologi implan rumah siput.

Pahami Status Pendengaran Anda

Anda perlu memahami tentang status atau identitas pendengaran Anda, sebelum Anda menjelaskan lebih jauh rtentang manfaat dan kegunaan implan rumah siput untuk Anda. Dengan mengetahui status pendnegaran Anda, Anda akan lebih percaya diri dalam menyampaikan informasi.

Karenanya, MED-EL selalu mendorong pengguna implan rumah siput, memeiliki catatan perjalanan mendengar dengan implan rumah siput. Catatan ini berisi tentang status pendengaran Anda, kapan Anda menjalani bedah implan rumah siput, kapan Anda melakukan aktivasi pertama kalinya,bagaimana rehabilitasi yang Anda jalani, dan sebagainya. Catatan ini akan membantu Anda ataupun anak Anda, untuk memberikan informasi seputar alat implan rumah siput yang mereka gunakan, dengan lebih percaya diri.

Beberapa Pertanyaan dan Jawaban Terkait Implan Rumah Siput

Seperti apa rasanya menggunakan implan rumah siput?

Antara satu pengguna dan pengguna yang lain, akan berbeda penerimaan dan pengalamannya dalam menggunakan alat ini. Hanya Anda yang benar-benar tahu seperti apa pengalaman dari perspektif Anda. Beberapa situs memberikan simulasi yang terdengar seperti suara robot, simulasi lainnya memperdengarkan suara yang lebih jelas.

Ketika Anda adalah orang yang memang sejak lahir mengalami gangguan dengar, maka implan rumah siput adalah satu-satunya pendengaran yang Anda kenal, dan Anda tidak bisa membandingkannya suara dengan suara yang lainnya. Namun, jika sebelumnya Anda pernah mendengar, maka akan ada perbandingan di benak Anda. Bicaralah secara terbuka dan jujur seperti apa perbandingannya pada orangyang bertanya ke Anda.

Apakah Anda akan selalu menggunakan implan rumah siput kemana saja Anda pergi?
Jawaban singkatnya adalah iya. Implan rumah siput bukanlah alat yang berfungsi untuk menyembuhkan, atau memperbaiki pendengaran Anda, tetapi ia bekerja dengan cara mengatasi gangguan pendengaran Anda, dengan merangsang syaraf pendengaran Anda. Dengan begitu, Anda harus tetap menggunakannya, agar tetapbisa mendengar dengan jelas.

Kenapa Anda sulit mendengar dalam situasi yang bising?
Audio prosesor implan rumah siput, sangat bagus bekerja untuk membedakan suara satu dengan suara yang lain, sehingga Anda lebih mudah mendengar suara. Tetapi, jika Anda berada di dalam sebuah kondisi yang bising, dimana ada banyak orang berbicara sekaligus, prosesor tidak mengetahui, suara mana yang harus dikeraskan untuk Anda. Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk melakukan rehabilitasi, sehingga telinga Anda akan mudah beradaptasi dalam lingkungan yang bising.

Bisakah Anda bepergian dengan pesawat?

Ya Anda bisa!

Anda bisa membawa kartu identitas, untuk memberitahukan petugas bandara saat Anda akan melalui pintu detektor logam, sehingga mereka mengerti mengapa Anda meminta untuk menonaktifkan detektor logam tersebut. Anda bisa memilih, apakah ingin tetap mengaktifkan paudio prosesor Anda atau membiarkannya menyala. Tapi, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melewatinya.

Baca: 10 Tips Bepergian dengan Menggunakan Implan Rumah Siput

Dapatkah Anda menjalani tindakan MRI?
Keamanan saat melakukan MRI sangat penting, bagi penerima implan rumah siput. Hampir semua orang mungkin membutuhkan tindakan MRI di hidup mereka. Nah, pada alat ini, di dalamnya terdapat magnet internal, yang dapat bergerak saat dilakukan MRI. Tapi, implan rumah siput MED-EL yang Anda gunakan, telah dirancang sedemikian rupa, sehingga jika Anda harus menjalani prosedur MRI, hal ini tidak mempengaruhi implan rumah siput yang tertanam di kepala Anda. Anda bisa melakukannya dengan aman.

Apakah alat ini dapat bekerja cepat untuk membuat Anda mendengar?
Implan rumah siput bekerja tidak seperti kacamata. Kacamata dapat bekerja segera setelah Anda menggunakannya. Alat ini bekerja dengan merangsang syaraf pendengaran Anda, namun butuh waktu bagi otak Anda mengenali dan bereaksi terhadap rangsanga-rangsangan suara yang masuk ke telinga. Rehabilitasi yang rutin adalah kunci untuk Anda bisa mendengar dengan baik, menggunakan implan rumah siput.

Artikel ini ditulis oleh Trudy Smith, Spesialis Rehabilitasi di kantor MED-EL.
Apakah anak Anda mengalami gangguan pendengaran? Anda bisa melihat informasi lebih lanjut dan tips untuk pengguna implan rumah siput dewasa di sini!
Pernahkah Anda mengajukan pertanyaan tentang implan rumah siput, yang sulit Anda jawab? Yuk, doi share!

Jangan lupa subscribe Blog MED-EL Indonesia, untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai tips dan trik mendengar dengan implan rumah siput.

Referensi:

Eriks-Brophy, A., Durieux-Smith, A., Olds, J., Fitzpatrick, E., Duqette, C. and Whittingham, J. (2007) Facilitators and Barriers to the integration of orally educated children and youth with hearing loss into their families and communities. The Volta Review, V 107 (1), pp5-36.

Terimakasih atas pesan Anda, kami akan segera membalas.

Kirimkan kami pesan

Wajib diisi

John Doe

Wajib diisi

name@mail.com

Wajib diisi

What do you think?

Mengirim pesan

Memproses komentar

Maaf, terjadi kesalahan. Silakan dicoba kembali.

Terima kasih atas masukan Anda. Komentar Anda akan dipublikasikan setelah disetujui.

Tinggalkan komentar Anda