KIAT DAN SARAN Dewasa

Rehabilitasi untuk Dewasa : Praktik Mendengar dengan Implan Rumah Siput (2)

Bulan lalu, kami memberikan Anda beberapa tipsa untuk Anda memulai praktik mendengar. Kegiatan-kegiatan yang kami berikan menitik beratkan pada pembangunan kata, frasa, dan kalimat yang umum.

Nah, dalam artikel blog kali ini, kami akan membagikan sumber-sumber lain yang dapat membantu Anda melanjutkan praktik mendengar tersebut secara gratis. Kegiatan-kegiatan ini terfokus pada bagaimana Anda dapat berlatih mendengar dan membedakan suara dan ucapan tertentu yang ada dalam kata-kata. Anda mungkin pernah mendengar istilah pelatihan analisa auditori dari terapis Anda sebelumnya, inilah yang akan kita bahas.

Berlatih Mendengar Suara Tertentu

Kegiatan ini akan membantu Anda untuk mulai menggunakan beberapa teknik dan prosedur, dengan menggunakan daftar kata yang fokusnya pada suara yang berbeda. Dalam kegiatan kali ini, target bunyi yang ingin didengar adalah suara ‘sh’. Ini adalah suara yang mungkin sering terdengar menonjol dalam sebuah kata atau frasa, bagi pengguna implant rumah siput baru. Tetapi, jika ada suara tertentu yang Anda ingin latih lebih banyak dan lebih mudah, Anda bias juga membuat daftar kata atau frasa Anda sendiri.

Mungkin Anda akan merasa Teknik ini sulit di awal, tapi ketika Anda terus berlatih, kami yakin Anda akan merasa lebih nyaman.

 

Download the activity sheet now

 

Tips Untuk Berlatih

  • Lepaskan alat bantu dengar Anda, jika Anda adalah pengguna bimodal, atau salah satu telinga menggunakan alat bantu dengar, dalam hal ini, Anda hanya perlu mendengar dengan audio prosesor Anda saja.
  • Mulailah dengan membaca bibir, tetapi lakukan hal ini jika Anda membutuhkan petunjuk.
  • Mulailah dengan variasi kegiatan yang LEBIH MUDAH terlebih dahulu, baru lanjutkan lanjutkan kegiatan lainnya, satu per satu.
  • Mintalah rekan Anda (anggota keluarga atau teman yang membantu Anda melakukan praktik mendengar) untuk menggunakan mendengarkan terlebih dahulu saat menggunakan materi yang disediakan, karena pelatihan ini bertujuan untuk membangun keterampilan mendengarkan Anda dengan implant rumah siput Anda:
    • DENGARKAN kata-kata (rekan komunikasi Anda menunjuk ke setiap kata / gambar dan mengatakannya)KATAKAN (Anda dapat mengucapkan kata-kata itu kembali kepada rekan Anda)
    • DENGARKAN & PILIH (rekan Anda akan mengatakan salah satu dari kata-kata yang tercantum, Anda bisa mendengarkan dan memilih gambar / kata / kalimat yang Anda dengar)

  • Jika kegiatannya sulit, tambahkan petunjuk visual (membaca bibir, teks tertulis, gerakan) di mana hal ini baru diperlukan setelah Anda mendengar terlebih dahulu.
  • Ingat, jarak itu penting. Otak Anda membutuhkan waktu untuk bisa memahami informasi yang diterimanya, dari implan rumah siput.
  • Latihan mendengarkan dengan implant rumah siput bias sangat melelahkan! Karenanya berlatihlah dengan singkat, seperti dua kali 15 menit per hari akan lebih baik daripada satu sesi selama 30 menit.

Cara Membuat Aktivitas yang Lebih Mudah Atau Lebih Sulit

Seperti yang kami sebutkan di artikel kami bulan lalu, ada sejumlah faktor yang akan memengaruhi hasil latikan Anda dengan implant rumah siput, dan perkembangannya pun akan bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Jangan khawatir jika Anda merasa kegiatan ini sulit. Ini berarti, Andaa hanya perlu lebih banyak latihan dan lebih banyak waktu juga untuk menggunakan implant rumah siput Anda.

Berikut adalah lima cara untuk membuat kegiatan mendengar Anda lebih mudah atau lebih sulit :

  • Jumlah pilihan: Dalam aktivitas membangun kalimat, akan ada empat kalimat di set pertama. Kurangi atau tambahkan jumlah kalimat untuk membuatnya lebih mudah atau lebih sulit. Anda dapat menggunakan aturan ini di semua aktivitas.
  • Petunjuk: Tambahkan isyarat visual seperti kata-kata tertulis, atau membaca bibir untuk membuat tugas menjadi lebih mudah. Hapus teks tertulis untuk membuat tugas lebih menantang.
  • Panjang kalimat: Kalimat yang lebih panjang akan lebih sulit untuk dipahami daripada frasa pendek.
  • Perbedaan antara kata / kalimat: Kata dan kalimat yang terdengar sangat mirip misalnya, ‘tepi’ vs ‘sepi’ akan lebih sulit dipahami daripada kata dan kalimat yang memiliki kontras suara dan panjang yang lebih besar, seperti ‘Apel’ vs ‘semangka’.
  • Isi: kata-kata yang tidak merupakan kalimat yang lebih sulit untuk dipahami daripada kata dan kalimat sehari-hari yang sudah akrab di telinga.

Bulan depan, jangan lupa untuk terus memantau Blog MED-EL Indonesia, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pelatihan mendengar. Artikel di blog kami kami akan mencakup lebih banyak sumber agar bias mendukung Anda melanjutkan latihan ini di rumah.

Jangan lupa untuk membaca lebih lanjut tentang pelatihan pendengaran dengan implan rumah siput. Baca juga artikel tentang membangun ekspektasi dari implant rumah siput di artikel ini.

Terimakasih atas pesan Anda, kami akan segera membalas.

Kirimkan kami pesan

Wajib diisi

John Doe

Wajib diisi

name@mail.com

Wajib diisi

What do you think?

Mengirim pesan

Memproses komentar

Maaf, terjadi kesalahan. Silakan dicoba kembali.

Terima kasih atas masukan Anda. Komentar Anda akan dipublikasikan setelah disetujui.

Tinggalkan komentar Anda