KIAT DAN SARAN Orang Tua

Membuat Bus Mainan Sambil Mengasah Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak

Bus, mobil, dan kereta api adalah bagian dari rutinitas sehari-hari setiap keluarga, yang digunakan pergi bekerja, sekolah, atau jalan-jalan ke sekitar. Anak-anak dari segala usia, yang ada di seluruh dunia, juga sangat menikmati bermain mobil-mobilan atau mainan kendaraan lainnya. Tak terkecuali aktivitas membuat bus mainan.

Membuat Bus Mainan bersama anak merupakan cara yang menyenangkan untuk membantu anak melatih keterampilan mendengar dan bicara mereka. Anda dapat membeli dan menggunakan mobil-mobilan biasa, tetapi akan lebih menyenangkan jika Anda membuat bus mainan sendiri di rumah. Ketika membuat bus mainan atau mainan kendaraan lainnya dengan si kecil, Anda dapat menggabungkan banyak kosakata dan konsep bahasa baru, sesuai dengan usia anak Anda. Anda juga bisa sekaligus mengajarkan anak memotong dan merekatkan sesuatu, sehingga akan mengasah kemampuan motorik mereka.

Mau mencoba sendiri? Silakan mengunduh aktivitas “Membuat Bus Mainan” di bawah ini, dan mulailah berkreasi dan bermain mobil-mobilan, dalam hal ini adalah bus, buatan Anda sendiri!

Unduh Aktivitas Rehabilitasi “Membuat Bus Mainan”

Instruksi
Build A Bus Rehab Download

  • Cetak bagian-bagian bus. Temukan kotak sepatu atau wadah yang bisa digunakan sebagai bus dan bungkus dengan kertas biasa.
  • Bersama anak Anda, hilangkan semua bagian dari bus. Anda mungkin perlu membantu anak saat memotong bagian bus.
  • Saat Anda memotong, bicarakan setiap bagian bus yang Anda otong, dan apa yang akan dilakukan dengan bagian itu, misalnya: “Ini wiper. Sopir biasanya menghidupkan wiper saat hujan. ” Susun semua bagian bus ini di atas meja.
  • Ajari anak Anda tentang konsep waktu yang pertama dan selanjutnya. Putuskan dengan anak Anda, bagian mana yang akan Anda taruh pertama kali di bus, berikutnya, dan terakhir.
  • Ajarkan kosakata tentang lokasi pada anak Anda seperti bagian depan, belakang, samping, dan tengah. Bicarakan tentang di mana potongan-potongan itu harus berada, misalnya, “Sopir harus duduk di bagian depan agar dia dapat melihat jalan. Mari letakkan pintu di bagian samping, seperti bus yang bisa membawa kita ke pasar. ”
  • Bantu anak Anda untuk merekatkan potongan-potongan tersebut. Sebelum Anda melanjutkan dan membuka lem, biarkan anak Anda mencoba membukanya sendiri. Jika mereka tidak bisa, lihatlah anak Anda dengan penuh harapan dan dorong mereka untuk menggunakan kata-kata, saat meminta bantuan kepada Anda untuk membukanya, seperti kata: “Tolong buka” atau “Tolong, ibu”.
  • Buatlah lubang melalui bagian tengah roda dan di sisi bus. Pasang roda menggunakan pin, dorong sehingga roda bisa berputar. Bicarakan apa yang Anda lakukan: “Kita harus membuat lubang di roda dan kemudian di dalam bus. Kemudian, kita bisa mendorong kemudinya. Sekarang roda bisa berputar-putar ”. Sebelum Anda memasang roda yang lain, berikan waktu jeda dan dorong anak Anda untuk menggunakan kata-kata, untuk memberi tahu Anda bahwa Anda memerlukan roda-roda lainnya.
  • Potong sekitar tiga sisi pintu menggunakan pisau, sehingga Anda dapat membuka pintu tersebut. Sekali lagi, bicaralah selalu tentang apa yang Anda lakukan, mengapa Anda perlu memotong sisi-sisi pintu, dan bahwa pisau yang Anda gunakan itu tajam.
  • Bantu anak Anda menggunakan bahasa mereka untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Ketika semua bagian sudah berada dalam posisi yang benar, bicarakan tentang apa lagi yang dibutuhkan saat bermain mobil-mobilan nantinya: “Oh iya! Belum ada lampunya. Jika gelap, bagaimana supir bisa melihat. Mari kita menggambar beberapa lampu “.
  • Anda juga bisa menambahkan beberapa penumpang dengan memotong gambar penumpang dan tempelkan. Atau Anda dapat menggunakan gambar keluarga Anda, atau dengan menambahkan orang-orang mainan. Bicaralah dengan anak Anda tentang siapa nama penumpangnya, di mana mereka akan duduk, dan ke mana mereka akan pergi.

Untuk Bayi dan Anak yang Masih Muda

Bahkan jika anak Anda belum mengucapkan kata-kata pertama mereka, atau hanya memiliki kosakata yang terbatas, Anda juga dapat menggunakan kegiatan membuat bus mainan ini untuk membangun kata-kata dan struktur kalimat baru, untuk mereka. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda coba:

  • Ketika Anda berbicara tentang setiap bagian dari bus, gunakan suara suara yang cocok dengan gambar, seperti “berputar-putar” untuk roda, “berdesir-desir” untuk wiper, “buka-tutup” untuk pintu, dan “halo” atau “bip, bip” untuk suara supir atau pun klakson. Jangan lupa untuk menggunakan pengulangan, atau bisa dengan melodi lagu: “Ini roda untuk bus. Mereka berputar-putar ”.
  • Saat melakukan setiap tindakan selamma membuat bus mainan ini, ulangi kata-kata aksi nya. Misalnya, saat menggunakan lem, katakan “Ini lengket — nempel-nempel-nempel”. Atau “Potong, potong, potong pintunya!” Saat memotong pintu.
  • Bicaralah dengan bayi Anda tentang siapa penumpang dan di mana mereka akan duduk. “Ini nenek — Hai nenek! Anda bisa duduk di bagian depan bus ”.
  • Ketika semua bagian berada dalam posisi, nyanyikan lagu “Wheels on the Bus” dan tunjukkan masing-masing bagian, saat Anda bernyanyi
  • Dorong lah bus ke depan dan belakang. Lalu buatkan ada beberapa orang mainan dan tempatkan mereka di dalam dan di luar bus. Ucapkan salam dan selamat jalan, saat orang-orang mulai masuk dan keluar bus.

Untuk Anak Lebih Tua

Jika anak Anda lebih tua, Anda dapat menggunakan kegiatan membuat bus mainan ini untuk memperluas kemampuan berkosakata dan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Di bawah ini ada beberapa tugas tambahan yang mungkin bisa Anda coba.

  • Ajarkan anak Anda bagian-bagian kendaraan, seperti: lampu, tanduk, plat, lampu indikator dan roda kemudi.
  • Tanyakan kepada mereka bagaimana cara Anda untuk bisa menaiki bus, “Oh tidak, tidak ada tangga. Bagaimana cara orang-orang naik ke bus? ”lalu, dukunglah anak Anda untuk memikirkan cara memecahkan masalah tersebut:“ Mungkin kita bisa membuat beberapa tangga dengan sedotan, atau bisa juga dengan menggambarnya ”.
  • Berlatihlah mendengarkan deskripsi secara bergiliran untuk menggambarkan tentang siapa penumpang di bus tersebut. Tingkatkan panjang dan kompleksitas deskripsi Anda agar anak Anda lebih mengembangkan memori pendengarannya.

Apakah Anda mencari lebih banyak kegiatan rehabilitasi untuk dicoba di rumah? Berikut ini adalah 3 objek sehari-hari, yang dapat Anda gunakan untuk membantu kecerdasan anak Anda. Temukan juga informasi lainnya tentang implan rumah siput MED-EL.

Jangan lupa juga untuk terus berlangganan Blog MED-EL Indonesia untuk mendapatkan tips lainnya.

Terimakasih atas pesan Anda, kami akan segera membalas.

Kirimkan kami pesan

Wajib diisi

John Doe

Wajib diisi

name@mail.com

Wajib diisi

What do you think?

Mengirim pesan

Memproses komentar

Maaf, terjadi kesalahan. Silakan dicoba kembali.

Terima kasih atas masukan Anda. Komentar Anda akan dipublikasikan setelah disetujui.

Tinggalkan komentar Anda